Rekreasi Sambil Belajar di Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung

Halo semuanya, apa kabar hari ini? Semoga kabar baik selalu menyertai. Selamat datang dan selamat berselancar di halaman-halaman blog saya ini. Blog yang isinya nggak karuan. Disini ada cerita pendek (cerpen), puisi, ebook, tutorial dan beberapa kenangan digital. Well, dipostingan ini saya membuat kenangan digital, saya akan sedikit promosi, tapi bukan berarti saya dapat royalti.

Sebagai orang asli (yang lahir dan menetap di) Lampung, tak perlu berharap royalti, bagi saya tulisan ini sudah posting saja senang, apalagi dibaca oleh kalian. Ingatkah dengan sebuah pepatah, “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”? Sebab saya ada di Bumi Lampung, maka sebuah keharusan untuk menjunjung tinggi apa yang Lampung punya.

Okay, apa yang di punya? Salah satunya tempat rekreasi. Tapi apa saja? Sebenarnya yang terkenal di Lampung (selain begal;walau sebenarnya aman-aman saja) adalah pantainya (Misalnya: Pantai Sari Ringgung). Ada juga Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan gajahnya. Tapi perlu waktu yang lama kalau harus pergi kesana, apalagi saya yang tinggalnya di Kota Metro.

Karena saking jauhnya untuk ke Pantai atau ke Way Kambas, akhir pekan ini (23/09) saya memilih untuk rekreasi berenang. Kemana? ke Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung Timur. Sesekali main air dan sesekali ke liburan luar kota (dari Metro ke Lamtim. hhhee). Kolam Renang Pitaloka 2 terletak di Wonosari, Pekalogan, Lampung Timur.


Biasanya saya kalau mau berenang cukup ke Kolam Renang Tejosari Metro, tapi disana fasilitasnya kurang joss. Sebab hanya ada kolam renang dewasa saja. Tak ada zona bermain seperti Waterboom. Tapi, enaknya disana murah, cukup membayar Rp.15.000 kalian bisa berendam sepuasnya. Naah, kalau di Pitaloka 2 untuk bisa masuk, kalian harus membayar Rp.20.000 di hari biasa dan Rp.25.000 di hari yang bertanggal merah (seperti hari Minggu).

By the way, Kolam Renang Pitaloka 2 ini lokasinya tidak dipinggiran jalan kota, jadi kalian yang mau ke kolam renang ini harus masuk-masuk lagi ke beberapa jalan. Dan beberapa jalan itu masih belum mulus-lus, alias ada kroak-kroak gitu deh. Tapi, saya jamin setelah sampai dilokasi kalian bakal bilang, "Segerrr".

Salah satu gambar akses jalan menuju Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung

Ada apa saja sih di Kolam Renang Pitaloka 2?
Tentunya ada kolam renangnya dong, masa lapangan bola, hhhaa. Kolam renang disini ada yang khusus dewasa (atau yang sudah mahir berenang), khusus remaja dan khusus anak-anak. Untuk khusus yang dewasa kedalaman kolam renang ada dua: yakni 120cm dan 170cm (keduanya satu kolam hanya berbeda dasar kedalamnnya saja). Seperti gambar dibawah ini:




Selanjutnya kolam untuk remaja, yakni kolam renang yang dalamnya 130cm. Jadi kedalaman tersebut full area satu kolam renang, berbeda dengan yang khusus dewasa tadi. Lihar gambar dibawah ini: 


Terakhir kolam renang khusus anak-anak, saya sendiri tidak tahu berapa kedalamannya (karena nggak nyebur kesitu) sebab tidak ada tulisannya. Tapi yang pasti, cetek banget. Lihat gambar dibawah ini:




Kalau kalian bosan atau lelah berenang, kalian bisa mencoba wahana Waterboom atau saya biasa menyebutnya prosotan. Disini ada 2 prosotan: yang pertama hanya satu jalur meluncur dan yang kedua jalur berliku. Tapi jalur yang berliku hanya bisa digunakan khusus di tanggal merah saja:

Ini meluncur langsung ke kolam renang anak-anak.

Ini meluncur langsung ke kolam renang remaja.

Hanya Kolam Renang?
Di Kolam Renang Pitaloka 2 ini, buat kamu yang memang datang dan malas nyebur ke air, ada candi-candi khusus yang dibuat untuk bersantai dan foto-foto. Lebih jelasnya cek foto ini:




BELAJAR SAMBIL BERMAIN DI PITALOKA 2 LAMPUNG
Selain untuk bersenang-senang dengan air, bagi kalian yang memang ingin mengajak keluarga ke kolam renang ini. Tempat ini bisa menjadi bahan edukasi, terkhusus untuk anak-anak. Edukasi berenang? Ya, tapi ada lagi. Apa? Salah satunya mengenalkan para pahlawan ke anak-anak. Kok bisa? Sebab disini ada beberapa patung pahlawan Indonesia. Jadi para guru/orang tua yang membawa anaknya bisa mengenalkan para pahlawan itu ke mereka.

Patung-patung pahwalan itu diantaranya: Soekarno, Kartini, Pattimura, Soedirman, Antasari dan masih banyak lagi, bahkan patung-patung tokoh pewayangan, patung Muli Mekhanai, dan hewan langka ada disini. Selain itu, ada juga patung simbol keberagaman dan toleransi Indonesia. Patung ini ada di bagian candi di Pitaloka. Berikut foto-fotonya:

Ini ada di kolam renang dewasa

Ini juga di kolam renang dewasa. Patung Kartini

Patung Soekarno di kolam dewasa.

Patung perjuangan di area tangga naik waterboom.

Patung Muli Kekhanai Lampung.

Patung yang memiliki makna nilai toleransi



Salah satu patung pahlawan yang ada di area candi-candi. Jenderal Soedirman.



Ohh ya, selain patung-patung tersebut. Di Pitaloka 2 seluruh dindingnya dihias dengan lukisan-lukisan yang menarik, yang memiliki makna sejarah. Setidaknya lukisan ini bisa menjadi bahan narasi edukatif para guru/orang tua kepada anaknya. Lukisan tersebut salah satunya seperti ini:



Naah, itulah bagaimana Kolam Renang Pitaloka 2 menurut saya. Semoga bisa memberi tambahan informasi. Tertarik untuk datang kesini? Kalau kamu warga Lampung, apalagi Lampung Timur, saya kira wajib untuk mencobanya. Dan terlebih penting, jangan lupa bawa uang. hhhe.

Bonus: Foto-foto Panorama Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung

Silakan di klik untuk memperbesar.


Area belakang Pitaloka 2

Area Candi-candi

___
Keyword: Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung Timur
Fasilitas: 
  • Masuk Rp20.000 (hari biasa) dan Rp25.000 (hari libur/tanggal merah)
  • Kolam renang khusus dewasa, remaja dan anak
  • Waterboom
  • Kantin
  • Panggung musik (hanya aktif hari libur dan tanggal merah saja)
  • Ban Pelampung (bagi yang belum bisa berenang)
  • Candi-candi (spot foto)
  • Kamar bilas terawat
  • Dan lain-lain 
Terimakasih sudah berkunjung. Jika bermanfaat silakan di share dan jika ada tambahan informasi silakan ditambahkan di kolom komentar.


0 Response to "Rekreasi Sambil Belajar di Kolam Renang Pitaloka 2 Lampung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel